Memegang Janji, Perasaan VS Realita (Sebuah Pelajaran di Masa Remaja)

Satu hari laki gw marah ke bocah karena beberapa kali melanggar janji yang sudah dia buat. 

Laki lumayan marah sekali sampai bocah menangis. Kali ini laki ga langsung menerima permintaan maaf bocah karena bocah perlu belajar meminta maaf, menyesal bukan karena diminta tapi dari kesadaran pribadi.

 

Besoknya, laki masih marah. Bocah terlihat berusaha membuat papanya tertawa, tapi ga mempan. 

Gw sebagai emak, kasian ngeliat bocah tapi ngerti kenapa laki marah banget.

Aki tuh kalau udah janji selalu berusaha menepati. Jadi, saat bocah janji melakukan A, tapi berulang-ulang dia langgar, tentu pasti Aki kecewa.

Gw udah mikir keras, ga mungkin mereka gw biarin gitu aja. Ga boleh ini masalah "selesai" tanpa ada pemberesan.

Jadi, saat pulang sekolah, gw ngajak ngomong bocah dengan serius. Gw tanya dia paham ga kenapa Papanya marah besar kemarin??

Dia paham dan kaget Papanya semarah itu. Papanya udah bilang ke dia, kalau dia ngerasa, bocah menggampangkan omongan Papanya. Sudah diingatkan berkali-kali, tapi masih dilakukan juga. 

Gw tanya, kalau seandainya papanya melakukan hal yang sama gimana perasaan dia? Dia jawab, kesal, marah. 

Ya, sama.. 

Kalau kita udah janji melakukan A, tapi berkali-kali ga dilakukan, berkali-kali diingatkan tapi tetap juga dilakukan.. Berarti kita menggampangkan dan mengganggap omongan orang itu ga penting. 

"Ah, ga akan dimarahin ini."

Ya ga? 

Gitu kira-kira yang gw bilang ke bocah. 

Gw tanya lagi ke bocah, "selama ini papa mama pernah ingkar janji ga sama kamu?"

Dia mikir lumayan lama. Lalu menggeleng. 

" Ga kan? Papa janji beliin apa, Papa beliin. Mama janji ajak kemana, Mama ajak. Mama sampe cari pesanan gambar demi bisa menuhin janji ke kamu yang beberapa bulan lalu berenang."

Bocah terkejud dan mulai berpikir lebih dalam. 

"Waktu kamu bilang mau A, itu kan papa kasih kepercayaan sama kamu buat milih sendiri. Kamu tunjukin dong tanggung jawab kamu atas pilihanmu. 

....... 

Papa itu membiarkan kamu milih karena tahu kami pelan-pelan harus ngasih kamu kebebasan memilih. Nanti kalau sudah besar, Papa Mama udah ga bisa larang kamu ini itu. 

Tapi buat punya kebebasan, harus dibarengi dengan tanggung jawab. Jangan sampai kamu punya kebebasan, orang lain yang nanggung tanggung jawabnya. Nah, latihan tanggung jawabnya dari hal-hal kecil kayak sekarang. 

Kamu memilih A, tanggung jawablah dengan hal itu."

Dia masih mikir sambil seruput es tehnya. Gw ngerasa dia masih ada yang ganjel. 

Gw dorong dia buat omongin hal-hal yang buat dia itu masih mengganjal. Ada yang dia ga setujukah dengan pernyataan gw. Tapi dia diem aja. Bengong. 

Akhirnya obrolannya gw geser sedikit.

"Waktu Papa marah, kamu ngerasa gimana?" 

Tahu-tahu dia mulai usap-usap matanya yang berkaca-kaca. 

"Kaget?" dia ngangguk... 

"Terus?" 

"Ngerasa ga disayang".... "Tiap Papa Mama marah, ngerasa ga disayang."

Gw dengernya langsung narik napas. Paham banget yang dia rasain.

Gw biarin dia usap-usap air matanya. Gw senyum paham.

"Wajar kamu ngerasa kayak gitu. Mama dulu juga ngerasa ga disayang sama Opung gara-gara ga boleh nonton kartun karena udah waktunya belajar."

Bocah langsung kaget dan tertarik dengan cerita gw. Iya bener, gw salah 1 anak ortu gw yang sensian dan ngerasa ga disayang karena hal sepele.

Gw bilang," wajar kalau kamu ngerasa ga disayang pas dimarahin. Tapii... Kamu perlu belajar juga kalau perasaan itu hanya terjadi saat itu. Alkitab aja bilang perasaan itu bisa berubah-ubah. Dibawa angin kemana aja, dia ngikut. 

Itu kenapa.. kamu harus belajar juga melihat kenyataan. Benarkah Papa ga sayang kamu? Bener Papa ga sayang kamu?" 

"Sayang.."

"Iya kan? Apa aja yang Papa lakuin tanda sayang sama kamu?" 

" Dibeliin mainan, diajak jalan-jalan, bercanda-bercanda kecil, dibeliin baju..."

"Nah, itu paham. Jadi, kalau sedih, ngerasa ga disayang pas dimarahin, itu wajar ya Nak? Tapiii... Ingat realitanya gimana?"

"Disayang.." 

"Iya. Kenyataannya disayang. Itu sama kayak Mama kalau lagi kuatir, ngerasa kayak Tuhan ga sayang sama Mama. Tapi kenyataannya apa? Tuhan masih pelihara. Tuhan bantu Mama lewatin masalah. Jadi perasaan-perasaan itu cuma sebentar. Besok bisa berubah lagi. Lihatlah realitanya. Kenyataannya."

"Iyaa. Kami mendisiplin kamu itu juga tanda sayang. Ga boleh pegang hp, tapi ga kami biarin kamu bosan dan bingung. Kan Papa beliin buku, mainan puzzle, biar kamu tetap punya aktifitas. Iya ga? Justru kalau kami ga sayang, udah kami biarin kamu melakukan yang kamu suka. Ngapain capek-capek ngajarin dan pusing mikirin kesalahanmu kan? Biarin aja orang lain yang marahin. Iya ga?"

Bocah ngangguk-ngangguk. Air mukanya nunjukin dia udah paham. Keliatan lega.

Akhirnya gw tanya sebagai tanda tanggung jawab atas kesalahan, apa yang akan dia lakukan? Minta maaf dan berubah. 

Dia bilang dia takut buat minta maaf. Tapi gw ingetin lagi kalau dia anak yang berani. Di sekolah berani tanggung jawab atas kesalahan, di rumah juga harus berani. 

Walaupun kita takut, kita harus memberanikan diri bertanggung jawab dan nerima resiko atas kesalahan kita. 

Gw ceritain soal kesalahan yg gw buat saat dulu gw bekerja di sekolah. Gimana karna keteledoran gw, jadi orang lain yang kena masalah. Waktu itu gw takut banget dan udah siap dipecat, siap dimaki-maki. Tapi biar begitu, gw ga bisa biarin nama rekan kerja gw jadi rusak karena keteledoran gw. Setelah minta maaf pada orang yang dirugikan, gw ngerasa sangat lega dan ketakutan gw ga terjadi. 

Bocah tampak takjub dan kaget mendengar cerita gw. Mungkin dia pikir emak bapaknya ga pernah bikin masalah. 

Tapi setelah gw ceritain kesalahan gw di masa lalu itu, di matanya mulai muncul tekad. Dia mau memperbaiki kesalahannya.

Gw tanya ulang apa yang akan dia lakukan untuk bertanggung jawab atas kesalahannya. Dia bilang melakukan A dan minta maaf sama Papa. Kali ini dengan nada yang yakin.

Gw janjiin buat ngingetin dia soal janjinya jadi dia tidak abai lagi. 

Gw kasih pelukan tanda dia kesayangan kami dan gw kasih tahu, mau sesalah apa pun dia, kami tetap sayang. Marah, pasti. Tapi tetap sayang.

Malamnya, begitu papanya pulang, dia langsung mendekati dan bilang mau minta maaf. Awalnya papanya masih dingin dan nanya disuruh atau apa? Kalau karna disuruh, papanya ga mau terima.

Dia balik mencari gw dan nanya harus gimana. Gw bilang, tunggu papanya istirahat.

Ga lama dari percobaan pertamanya, dia coba ngomong lagi. Akhirnya papanya ngasih nasehat supaya dia jadi orang yang memegang perkataannya sendiri. Jangan menjadi orang yang lalai dengan janji sendiri karena akan merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Mereka pun berbaikan. 

Saat makan malam, mereka udah bercanda kayak biasa lagi. Aki juga udah lebih relax. Suasana rumah kembali seperti biasa. Ketawa sana ketawa sini. Mereka guyonin hal-hal yang sama lagi yang kadang emaknya ga ngerti. 

Kesalahan bocah bener-bener kesempatan bagus buat ngajarin dia tentang nilai-nilai hidup. Walaupun kami sudah ajarkan ini itu, pasti ada aja yang terlewat. Di saat itu kami ambil kesempatan untuk mengajarkan banyak hal padanya. 

***


0 Comments